Gelar FGD pembahasan penyusunan Standar Pelayanan Sat Intelkam Polres Sigi sekaligus mensosialiasikan Empat Terobosan Inovasi Pelayanan Publik

 

SIGI,- Kamis (11/08/2022) bertempat di aula simpotove Mapolres Sigi, Satuan Intelkam Polres Sigi menggelar Kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) yang dipimpin oleh Kasat Intelkam Polres Sigi AKP Musa,S.Sos.,M.M. didampingi oleh Kabagren Polres Sigi AKP Yuliana Ritha dan Kasikum Polres Sigi AKP Jimmi Marganda Tobing terkait pembahasan  Penyusunan Standar Pelayanan sat intelkam polres Sigi  dan Survei Kepuasan Masyarakat di wilayah Kabupaten Sigi.


Hadir dalam kegiatan tersebut Perawakilan Kemenag Kab. Sigi diwakili oleh Bapak Ahmad Yani, Dinas BKD/BKPSDM diwakili oleh Ibu Selvina, Dinas PMD Kab. Sigi diwakili oleh Bapak Noprianto, Badan Kesbangpol Kab. Sigi diwakili oleh Bapak Marten Wanihi, S.Sos, Imam Mesjid Polres Sigi Hi. Asgar Palindi, Kepala Desa Maku Rahima Djadau, Perwakilan Sekolah Luar Biasa Porame serta para PJU Polres Sigi dan Personel Polres Sigi.


Dalam FGD ini, Kasat Intelkam Polres Sigi AKP Musa,S.Sos.,M.M. memaparkan dan mensosialisasikan Standar Pelayan Publik kepada para tamu undangan diantaranya memaparkan Pesyaratan produk layanan Sat Intelkam Polres Sigi, mekanisme, dan prosedur pelayanan antara lain SKCK, Perizinan, Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), Surat izin Senpi Nonorganik dan Surat Tanda Melapor (STM) WNA dengan tujuan peserta dapat memberikan masukan demi peningkatan pelayanan 


“Sat Intelkam Polres Sigi saat ini telah memiliki empat inovasi berkaitan dengan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yaitu:

1) Pelayanan SKCK disabilitas, tunanetra, dan tunarungu dengan memakai huruf braille dan penterjemah.


2) Pelayanan SKCK keliling Mareso Masagena, melalui semangat kearifan lokal program jemput bola saat Intelkam pelayanan SKCK sampai ke pelosok dengan mengedepankan Polsek dan bhabinkamtibmas, hal ini sangat membantu meringankan masyarakat dalam hal waktu dan pembiayaan transportasi karena tidak lagi harus ke Polres Sigi.


3) Pelayanan SKCK Via medsos (Instagram @Satintelkampolressigi, Facebook Yanmas Satintelkam Polres Sigi serta WhatsApp 0853-2460-8182), sebuah program pelayanan kepada masyarakat dalam hal komunikasi cepat tentang persyaratan yang wajib dipenuhi mendapatkan SKCK dan pelayanan cepat SKCK yang akan dikirimkan lembar pertanyaan formulir dalam bentuk PDF dan wajib diisi sehingga hal ini akan membantu percepatan pelayanan SKCK.


4) Pelayanan SKCK Via Delivery, sebuah bentuk inovasi pelayanan agar mempermudah masyarakat dalam pengurusan SKCK, yang mana jika ada permasalahan teknis atau jaringan, masyarakat tidak perlu menunggu hingga jaringan pulih kembali karena SKCK yang terbit akan diantarkan langsung ke rumah pemohon atau akan dititipkan kepada Bhabinkamtibmas yang bertugas di daerah tempat tinggal pemohon.” Jelas Kasat Intelkam Polres Sigi AKP Musa


Pelayan SKCK juga dilaksanakan selama 7x24 Jam, yang artinya pelayanan SKCK tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 Wita-12.00 Wita, dan pada hari senin sampai jumat pelayanan SKCK buka mulai pukul 08.00 Wita – 15.00 Wita


Sat Intelkam Polres Sigi juga menyediakan pengelolaan pengaduan pelayanan masyarakat, jadi ketika ada masyaralat yang kurang puas atas pelayanan yang di berikan maka silahkan untuk memberikan pengaduan kepada petugas.


Untuk itu dengan adanya sosialisai tersebut diharapkan nantinya peserta undangan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang standar pelayanan sat intelkam Sigi sekaligus untuk menggunakan dan memanfaatkan empat inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh satuan intelkam polres sigi guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Tutup AKP Musa


Selesai kegiatan dilakukan penandatanganan berita acara standar pelayanan data intelkam selanjutnya mengarahkan peserta  untuk mengecek langsung sarana dan prasarana pelayanan sat intelkam polres sigi


(Humas Polres Sigi)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1